Collage and more …..

Endoskopi

apa itu endoskopi ? mungkin banyak orang yang mengerungkan dahi mendengar kata itu … Ya, saya juga pertama kali tidak tahu apa itu endoskopi .. setelah istri saya mengalami sakit perut (gejala nya seperti penyakit maagh) yang tak kunjung sembuh barulah saya tahu apa itu gerangan endoskopi.

Ceritanya begini, istri saya sakit lambung dan kadang2 perut kembung udah sekitar 2 bulanan … istri saya sudah mengkonsumsi kunyit (koneng klo bhs sunda’y) tidak sembuh2 … trus ke dokter spesialis penyakit dalam sampai 4 x (2x ke dokter yang sama, 1x ke dokter yang beda tapi masih 1 rumah sakit, 1x ke dokter yang berbeda rumah sakit) … semua dokter memberikan resep obat yang hampir sama dan tetap saja penyakit lambung istri saya tidak sembuh-sembuh … akhirnya atas saran dari dokter yang terakhir periksa, istri saya harus menjalani endoskopi supaya kelihatan jelas apa penyebab sakit lambung nya (yang pasti nya bukan sakit maagh biasa) …
Tgl 14 Februari 2012 (saya valentine ama istri di rumah sakit) pukul 16.00 WIB istri saya di endoskopi …

waktu istri saya dibuat tidak sadarkan diri (di bius dan dimasukan kamera ke lambung) saya dipanggil oleh dokter … dijelaskan bahwa ada bintik merah di dinding lambung (kemungkinan radang kata dokter) terus ada sebagian cairan empedu yang masuk ke lambung istri saya dan biasanya suka menimbulkan rasa sakit …. kemudian sewaktu endoskopi dilakukan juga biopsi (diambil sedikit contoh dinding lambung istri ane untuk dilakukan tes laboratorium supaya terdeteksi apakah ada bakteri atau tidak) .. biasanya suka ditemukan bakteri helicobacter pylori (bakteri penyebab sakit lambung) ….

nah … setelah beres endoskopi akhirnya dokter memberi penjelasan sebagai berikut :

1. Kondisi cairan empedu masuk ke lambung itu masih di batas normal dan kondisi ini tidak bisa dibetulkan (dalam arti tidak bisa di stop cairan empedu masuk ke lambung) dan suka menimbulkan rasa sakit di lambung.
2. Hasil biopsi (untuk mencari apakah ada bakteri atau tidak) hasil nya 1 (satu) mingguan dan kalau benar ada bakteri akan di kasih antibiotik supaya mati tuh bakterinya (itu kata dokter)
3. Sambil menunggu hasil biopsi, istri di kasih 2 macem obat (omeprazole dan inpepsa)

Setelah seminggu hasil test biopsi telah jadi dan hasilnya istri saya positif mengidap bakteri helicobacter pylori … dan kemudian diberi resep antibiotik oleh sang dokter …

Alhamdulilah …. sekarang istri saya sudah sembuh dan tidak mengeluh sakit perut lagi🙂

Leave a Reply

